Subscribe:

Tuesday, June 18, 2013

Manfaat Kencur Untuk Kecantikan

Manfaat Kencur
Manfaat Kencur - Kencur merupakan temu-temuan dengan ukuran kecil dan banyak dibudidayakan di dataran rendah atau pegunungan dan memiliki tekstur tanah yang gembur dan tidak berair.

Tanaman ini sangat mudah sekali tumbuh, tanpa kita tanam saja dan kita biarkan tergeletak di tanah akan bisa tumbuh dengan sendirinya asalkan mendapatkan cukup air.

Jika Anda memiliki keinginan untuk membudidayakan tanaman ini namun tidak memiliki lahan tanah yang luas, Anda bisa menanamnya di dalam pot atau kantong-kantong polybag. Kemudian letakkan di tempat yang mendapat asupan sinar matahari yang cukup.

Ada banyak keuntungan jika Anda bisa menanamnya sendiri. Salah satunya ialah ketika Anda menginginkan untuk menggunakannya, Anda langsung capcus tanpa harus mencari ke warung-warung terlebih dahulu. Memang sih tidak semua orang senang dengan berkebun, selain karena tidak adanya waktu untuk mengurusnya, terkadang juga malas untuk kotor-kotoran.

Kencur juga merupakan salah satu dari bumbu dapur yang memiliki aroma khas tersendiri. Selain sebagai bumbu, kencur juga bisa dimanfaatkan untuk hal-hal lain, misalnya dipakai untuk mempercantik penampilan.

Salah satu manfaat kencur yang bisa diambil sebagai kecantikan ialah untuk mengatasi masalah jerawat. Memang sangat banyak sekali rekomendasi tentang berbagai bahan alami yang bisa menyembuhkan jerawat. Salah satunya artikel cara Menghilangkan Jerawat  Secara Alami yang pernah di bahas di dalam blog inovasi kesehatan ini.

Mungkin manfaat kencur untuk mengatasi jerawat seakan-akan kurang familiar di telinga kita, akan tetapi apa salahnya untuk mencoba. Toh ini dari bahan yang alami yang tentunya sangat minim sekali untuk memberikan efek samping yang membahayakan.

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, berikut cara mengolah kencur untuk menjadi masker tradisional jerawat.
  1. Ambil kencur secukupnya lalu cuci bersih kemudian parut dan ambil airnya.
  2. Biarkan air kencur tersebut beberapa menit agar air mengendap.
  3. Cuci wajah terlebih dahulu lalu oleskan secara merata air endapan kencur tersebut ke wajah yang berjerawat sebelum tidur.
  4. Cuci wajah dengan air bersih setelah bangun tidur hingga bersih.
Selain dipakai dengan cara diperas dan diendapkan, kencur juga bisa dipakai secara langsung untuk mengatasi jerawat. Caranya potong kencur menjadi beberapa bagian lalu gosokkan pada kulit yang berjerawat dan diamkan kurang lebih 30 menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat lalu di susul dengan bilasan air dingin untuk menutup pori-pori yang terbuka sebab air hangat tersebut.

Merawat kulit wajah agar tidak berjerawat bukan hanya pada saat wajah bermasalah. Akan tetapi perawatan harian juga harus dilakukan agar jerawat tidak muncul kembali. Berikut beberapa cara agar jerawata tidak muncul kembali.
  1.  Bersihkan wajah ketika wajah terasa kotor
  2. Ketika membersihkan wajah, Anda bisa menggunakan air hangat. Air hangat bisa membantu  membuka pori-pori sehingga kotoran yang ada di dalam pori-pori bisa ikut terangkat. Ingat air jangan terlalu panas karena hal tersebut bisa membuat kulit malah akan menjadi kering.
  3. Ketika jerawat muncul jangan memencetnya dengan menggunakan tangan, apalagi tangan dalam keadaan kotor. Karena hal tersebut malah bisa memperparah masalah kulit wajah misalnya bisa menyebabkan radang kulit.
  4. Perbanyak minum air putih minimal 8 gelas sehari. Air putih ini bisa membuat kulit menjadi tetap lembab dan tidak kering.
  5. Lakukan olahraga secara teratur, sebab olahraga juga bisa menghilangkan rasa stress yang menyebabkan munculnya jerawat.
Demikian artikel manfaat kencur bagi kecantikan. Jika Anda memiliki artikel tentang manfaat kencur yang lain, silahkan share di sini. Terima kasih!

Anda juga bisa membaca artikel-artikel lainnya yang tentu tidak kalah menarik. Cara Merawat Wajah Secara Alami atau Cara Memutihkan Kulit Tubuh.

Comments
0 Comments

0 komentar: