Subscribe:

Wednesday, April 3, 2013

Manfaat Biji Bunga Matahari

Manfaat Biji Bunga Matahari 
Manfaat Biji Bunga MatahariAnda penggemar kuaci? Camilan ringan ini meskipun bentuknya kecil akan tetapi jika Anda memakannya akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan.

Kuaci  merupakan biji bunga matahari yang kemudian diproses dengan cara dikeringkan lalu di proses lagi untuk dimatangkan.

Zat-zat gizi yang ada dalam biji bunga matahari atau kuaci ini mampu menangkal tumbuhnya sel-sel kanker, mencegah penyakit kardiovaskuler, menurunkan kadar kolesterol, mengontrol tekanan darah atau hipertensi.

Bunga matahari ini awalnya berasal dari Negara Meksiko dan Peru, kemudian menyebar ke berbagai belahan negara di dunia ini. Selanjutnya di negara-negara seperti Amerika Serikat, Jerman, Rusia, Perancis, Rumania, dan Hungaria secara besar-besaran membudidayakan tanaman bunga matahari ini.

Budidaya bunga matahari ini juga pada awalnya hanya bertujuan sebagai tanaman hias saja, akan tetapi selanjutnya biji bunga matahari dimanfaatkan untuk produk kecantikan yakni dengan memanfaatkan minyak biji nya.

Biji bunga matahari juga mengandung hampir 90% lemak tidak jenuh atau lemak sehat, anti-oksidan, vitamin, mineral-mineral penting, dan protain. Di samping itu biji bunga matahari juga mengandung asam linoleat dan asam oleat yakni jenis asam yang baik untuk melindungi  jantung.

Biji bunga matahari juga mengandung banyak vitamin E, yakni dari ¼ gelas kuaci mampu memberikan 90,5%  asupan gizi dari kebutuhan vitamin E.

Vitamin E ini mampu membantu dalam menjaga kesehatan kulit yakni membantu meregenerasi sel-sel kulit mati dan menghaluskan nya, menyehatkan rambut dan juga mata.

Selain itu vitamin E ini juga berperan sebagai pencegah kanker, rematik, komplikasi diabetes, mengurangi gejala asma, serta mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Mineral penting seperti kalsium dan fosfor dalam biji bunga matahari berperan dalam membentuk  massa tulang dan gigi, sehingga mencegah terjadinya osteoporosis.

Nutrisi dalam biji matahari yang tidak kalah penting ialah fitoesterol. Jika mengkonsumsi nya dengan takaran yang pas dan tepat, maka kandungan ini sangat berperan dalam menurunkan kolestrol darah, meningkatkan sistem imun, menyehatkan jantung, dan menurunkan terhadap resiko terkena penyakit kanker.

Sekarang ini karena banyak yang mengetahui dan sadar akan manfaat biji bunga matahari maka semakin banyak produk yang memakai kuaci sebagai bahan dasarnya, salah satunya adalah sunbutter.

Sunbutter adalah mentega yang terbuat dari kuaci yang bisa dipakai untuk memasak atau campuran membuat salad.

Sebagai informasi juga, walaupun kandungan gizi dalam biji bunga matahari lumayan banyak akan tetapi jika mengkonsumsi nya tidak kontinyu maka sumbangan gizi manfaat biji bunga matahari juga kurang berarti.
Comments
0 Comments

0 komentar: