Subscribe:

Monday, May 20, 2013

Cara Menghilangkan Bau Badan secara Alami

Menghilangkan Bau Badan
Menghilangkan Bau Badan - Ketika seseorang beranjak dewasa dan memasuki masa puber biasanya seseorang mulai mengeluarkan bau kurang sedap dari tubuhnya, tidak terkecuali juga bagi para perempuan. 

Bau kurang sedap yang sering kita kenal sebagai bau badan ini, sering kita asumsikan berasal dari keringat. Padahal sebenarnya bau badan tersebut disebabkan karena adanya bakteri. Hal itu bisa kita lihat bahwa belum tentu semua orang yang mengeluarkan keringat saat olahraga mengeluarkan bau badan yang tidak enak.

Pada dasarnya keringat itu keluar dari 2 kelenjar, yakni kelenjar ekrin dan apokrin. Kelenjar tersebut terletak di tempat yang berbeda. Kelenjar ekrin biasanya terletak di bagian-bagian tubuh yang normalnya kering seperti punggung, dahi, dan tangan sehingga ketika berkeringat tidak menjadikan bau. Sementara kelanjar apokrin ialah kelenjar yang biasanya berada pada daerah yang berbulu atau berambut seperti kemaluan dan ketiak.

Oleh karena kelenjar apokrin ini cenderung ada ditempat yang tertutup dan lembab, maka tempat tersebut juga menjadi tempat yang sangat favorit bagi tumbuhnya bakteri. Nah, bercampur nya keringat dan bakteri itulah yang menjadikan munculnya bau kurang sedap.

Bau badan akan semakin menyengat hidung ketika keringat keluar  bercucuran dari tempat-tempat tersebut, seperti ketiak. Semakin keringat keluar bercucuran, semakin banyak bakteri yang tumbuh di tempat tersebut. Maka dari itu, menjaga dan memperhatikan kebersihan ketiak juga perlu dilakukan.

Siapa sih yang mau terus menerus ditemani bau badan? Tentu tidak mau kan? Nah, untuk mengatasi masalah bau badan tersebut Anda bisa mencoba cara menghilangkan bau badan secara alami. Yuk, kita lihat dan praktikkan.
  1. Lemon
    Zat asam yang terkandung dalam buah lemon bisa dimanfaatkan sebagai penghilang bau badan. Caranya siapkan buah lemon dan potong beberapa bagian lalu gosokkan pada bagian-bagian tubuh yang menjadi tempat keluarnya keringat atau bisa seluruh tubuh ketika mandi selama kurang lebih 1 menit. Lalu bilas sampai bersih.
  2. Daun sirih
    Bahan ini sudah sejak lama dikenal sebagai bahan antiseptik dan mempunyai kandungan seperti kavikol, kadinen, dan sineol yang bisa membantu menghilangkan masalah bau badan. Caranya rendam beberapa lembar daun sirih ke dalam air panas dan minum airnya ketika hangat atau dingin.
  3. Daun kemangi
    Daun kemangi ini juga memiliki kandungan sebagai obat antiseptik dan bisa mengatasi bau kurang sedap khususnya bagi perempuan yang sedang datang bulan. Caranya konsumsi lah daun kemangi setiap pagi dan sore. Bisa dijadikan lalapan atau dimakan langsung.
  4. Temu lawak
    Kandungan temulawak seperti sapomin, asiri, dan flavonoida bisa membantu menghilangkan bau badan. Caranya siapkan temulawak secukupnya lalu cuci bersih dan potong kecil-kecil. Lalu minum air temulawak tersebut secara rutin. Anda juga bisa memanfaatkan temulawak yang telah diparut. Lalu campurkan sedikit madu dan oleskan pada ketiak.
  5. Jahe
    Di negara India, ternyata telah memanfaatkan jahe ini untuk mengatasi masalah bau badan dan dengan mengkonsumsi nya bisa mengeluarkan aroma wangi dari tubuh. Caranya Anda bisa membuat wedang jahe sebagai minuman sehari-hari selain bau badan akan hilang badan Anda pun juga akan hangat.
  6. Cuka apel
    Kandunagn asam asetat di dalamnya mampu membunuh bakteri dan bisa dimanfaatkan sebagai deodorant. Caranya ambil sedikit cuka apel lalu celupkan kapas pada sari cuka tersebut dan oleskan pada ketiak sehabis mandi.
  7. Lobak
    Selain dikonsumsi, lobak juga bisa dimanfaatkan sebagai obat luar yakni untuk menghilangkan bau badan. Caranya parut lobak sampai halus dan gosok pada ketiak yang telah dibersihkan terlebih dahulu.
  8. Mentimun
    Mentimun memiliki sifat dingin serta memiliki kandungan yang bisa menghilangkan bau badan seperti polifenol dan flavonoida. Caranya kupas mentimun lalu gosokkan ke ketiap setelah selesai mandi.

Selain cara-cara di atas , Anda juga harus melakukan ritual kebersihan agar menghilangkan bau badan nya lebih efektif.
  1. Memakai deodorant
    Meskipun deodorant tidak bisa menghilangkan bau badan terus menerus sepanjang hari,  namun deodorant mampu mengontrol keluarnya keringat yang berlebih dan mengurangi bau badan. Maka dari itu tetap  gunakan deodorant sehabis mandi. Bagi Anda yang merasa tubuhnya sangat produktif dalam mengeluarkan keringat maka sebisa mengkin hindari deodorant yang roll on, cobalah mengganti dengan yang spray.
  2. Menjaga kebersihan ketiak
    Melakukan ritual mencukur bulu ketiak memang cenderung malas, akan tetapi jika Anda membiarkan rasa malas tersebut hinggap pada Anda terus menerus, bisa-bisa keringat yang ada pada ketiak akan semakin lama untuk kering dan bakteri akan semakin bahagia berada di sana. Lakukan pencukuran bulu-bulu ketiak dan angkat sel-sel kulit yang telah mati dengan menggunakan scrub ketika mandi.
  3. Kurangi pemakaian parfum berlebih
    Mungkin Anda pernah berpikir bahwa dengan menggunakan parfum yang berlebih akan bisa menghilangkan bau kurang sedap pada tubuh.  Mungkin dampaknya akan terjadi sesaat saja, selanjutnya bau badan akan muncul kembali bahkan  justru malah akan menjadi parah. Karena parfum yang telah bercampur dengan keringat akan menghasilkan bau yang sangat tidak karuan.
  4. Gunakan pakaian yang menyerap keringat
    Pakaian dari bahan katun termasuk pakaian yang baik dalam menyerap keringat. Hindari pemakaian pakaian yang terbuat bahan lycra atau nylon saat sedang panas atau gerah.
  5. Kurangi mengkonsumsi makanan yang beraroma menyengat
    Makanan yang memiliki bau menyengat seperti bawang bombai, petai,  dan bawang putih biasanya akan cepat memacu kelenjar apokrin untuk lebih aktif bekerja, sehingga keringat pun akan cepat bercucuran. Hindari juga mengkonsumsi makanan yang sangat pedas, berlemak, dan berminyak.
  6. Konsumsi sayuran hijau
    Kandungan klorofil dalam sayur-sayuran sangat efektif sekali dalam menetralkan bau badan. Jika Anda tidak suka sayuran Anda bisa melakukan searching ke google atau pun membaca-baca di internet tentang bagaimana cara mengolah sayuran tersebut menjadi makanan yang enak, lezat, dan tentunya menyehatkan. 
  7. Kurangi aktifitas berlebih di bawah terik sinar matahari
    Matahari yang menyengat tubuh tentu akan menjadikan suhu tubuh naik dan dampaknya akan memicu kelenjar keringat agar keluar lebih banyak.
  8. Hindari stress
    Seseorang yang mengalami stress biasanya sistem metabolisme tubuhnya juga akan terganggu, maka hal itu bisa memicu munculnya bau badan. Maka dari itu kendalikan tubuh agar tidak stress sehingga metabolisme tubuh menjadi baik dan aktivitas kelenjar minyak pun akan bisa terkontrol.
Comments
0 Comments

0 komentar: