Subscribe:

Saturday, May 25, 2013

Manfaat Kulit Pisang bagi Kesehatan

Manfaat Kulit Pisang
Manfaat Kulit Pisang - Jika kita ngomongin tentang pisang pasti sudah banyak yang tahu kan apa manfaat dari buah pisang? Buah yang satu ini memang dikenal sebagai buah yang mudah ditemui, murah, namun banyak manfaatnya salah satunya adalah untuk memberi sumber energi yang cepat bagi tubuh. Maka dari itu, tidak heran jika banyak atlet atau olahragawan yang
mengkonsumsi buah ini sebagai camilan sebelum olahraga.

Ngomong-ngomong soal pisang yang dikenal banyak akan manfaatnya, ternyata kulit pisang  juga memiliki kandungan dan manfaat yang tidak kalah penting lho? Apa saja? Ayo kita bahas lebih dalam lagi tentang manfaat kulit pisang.

Sekarang-sekarang ini sudah mulai banyak ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah melakukan penelitian tentang apa kandungan dari kulit pisang dan juga manfaatnya. Memang belum  begitu familiar di telinga kita akan tetapi kulit pisang yang dikenal sebagai sampah dan tidak berguna tersebut memiliki manfaat yang patut untuk dicoba lho!

Ada yang pernah  makan kulit pisang secara langsung? Bagaimana rasanya? Kalau saya sih belum pernah, hehe.

Akan tetapi, jika dilihat-lihat memang kulit pisang rasanya tidak enak. Bagaimana saya bisa tahu? Saya sih mikirnya “kulit pisang ini kan jarang yang memakannya, setelah makan buahnya pasti kulitnya dibuang. Berarti itu bisa jadi bukti bahwa kulit pisang rasanya tidak enak”. Hehe

Akan tetapi walaupun rasa kulit pisang itu tidak enak, namun ternyata kandungan dan manfaatnya bisa memberikan rasa "enak" lho! Terutama enak bagi badan  kita.

Mau tahu apa saja kandungan dan manfaatnya? Ini dia kandungannya. Kandungan kulit pisang cukup banyak misalnya seperti air, vitamin C, B kompleks, karbohidrat, kalium, kalsium, lemak, anti-oksidan, lutein, protein, serat, dan lain-lain. Bagaimana cukup banyak bukan?

Lalu apa manfaatnya? Berikut beberapa manfaat kulit pisang bagi kesehatan tubuh kiat.
  1. Meningkatkan kadar serotonin
    Serotonin ini adalah zat kimia yang bisa meningkatkan rasa mood atau suasana hati kita, sehingga karena kita bisa selalu menguasai suasana hati maka kita akan bisa terhindar juga dari yang namanya stress.
  2. Obat sakit kepala
    Sekarang sudah banyak sekali obat-obatan kimia yang beredar untuk mengatasi sakit kepala, tidak terkecuali juga obat alami atau herbal. Salah satunya obat alami yang bisa dipakai ialah kulit pisang ini.

    Memang masih asing kedengaran nya tapi tidak ada salahnya Anda mencobanya jika memang tidak dijumpai obat yang lainnya. Caranya cukup mudah Anda hanya perlu menyiapkan kulit pisang lalu tumbuk hingga halus kemudian tempelkan pada kepala dan diamkan, insya allah berangsur-angsur sakit kepala akan hilang.
  3. Obat kulit
    Wah,, kulit untuk obat  kulit juga? Kulit bertemu kulit apa jadinya ya? Hehe Kandungan kulit pisang seperti lutein, kalium, dan anti-oksidan bisa dimanfaatkan mengatasi beberapa permasalahan pada kulit misalnya jerawat, luka, dan kutil. Cara pemakaian untuk ketiga masalah tersebut hampir sama yaitu dengan cara menggosok-gosok kan kulit pisang pada kulit yang bermasalah. Lakukan secara rutin dan sebaiknya dilakukan di malam hari ketika akan tidur.
  4. Mengatasi gigitan nyamuk, gatal, dan iritasi
    Ada sebagian orang yang setelah digigit nyamuk mengalami iritasi dan juga gatal. Nah,, kulit pisang ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya tempel kan kulit pisang sambil digosok-gosok pada kulit yang bermasalah dan diamkan semalaman.
Selain manfaat kulit pisang bagi kesehatan ternyata manfaat yang lainnya juga ada, misalnya 
  1. Memurnikan atau menjernihkan air 
    Jika Anda kesulitan mendapatkan air yang jernih Anda bisa mencoba memanfaatkan kulit pisang ini. Kabarnya kulit pisang ini bisa menjernihkan air dengan kandungan logam yang tinggi.

    Tentunya dibutuhkan proses yang tidak cepat. Anda dituntut bersabar karena ketika kulit pisang dimasukkan ke dalam air, air tidak akan langsung berubah menjadi jernih melainkan menunggu beberapa jam untuk melihat air menjadi jernih. 

    Caranya potong kulit pisang dengan ukuran kecil-kecil lalu masukkan ke dalam air yang akan dijernihkan dan tunggu beberapa saat.
  2. Sebagai penyubur tanah
    Ini sangat gampang karena kulit pisang merupakan sampah organik yang bisa dengan mudah membusuk sehingga dengan kita meletakkan kulit pisang bersama sampah-sampah organik yang lainnya bisa akan menjadi pupuk kompos yang menyuburkan tanah.
  3. Pakan ternak
    Tidak dapat buah kulitnya pun jadi.. haha (kasihan si ternak hanya dapat kulitnya).
  4. Semir sepatu
    Anda keburu-buru ingin pergi ke kantor, semir sepatu habis, warung dan toko masih tutup sedangkan Anda dituntut tampil rapi. Jangan khawatir tak ada rotan akar pun jadi. Hehe.

    Anda bisa memekai kulit pisang sebagai salah satu alternatif. Caranya mudah Anda hanya perlu menggosokkan kulit pisang pada sepatu Anda dan sepatu Anda pun akan kinclong. Dan Anda pun siap untuk mencari rizki buat anak dan istri tercinta.. hehe.
  5. Penghasil tenaga listrik
    Ini dia informasi yang paling baru dan keren, yaitu temuan dari siswa-siswi kelas 7 SMPN Gondang Wetan 2 - Pasuruan, Irfan Amirudin dan Lailatul Nadia. Mereka telah memanfaatkan limbah kulit pisang yang dicampur dengan kulit jeruk yang dijadikan energi listrik alternatif.

    Mereka memakai kurang lebih 5 sisir kulit pisang dan 5 kulit buah jeruk kemudian diproses sampai halus. Kandungan glukosa dari kedua bahan tersebut bisa menghasilkan asam aseta sebagai penghantar listrik dan bisa menghasilkan listrik hingga 1,5 watt. Waw.. semakin keren ya anak-anak bangsa  tercinta kita ini. Semoga bisa semakin sukses dan maju terus Indonesiaku.

    Berikut video tentang kecerdasan Irfan dan Nadia.
Demikian artikel tentang Manfaat Kulit Pisang semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih!

Baca juga artikel yang lain tentang Manfaat Kunyit, Manfaat Bawang Merah, dan Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan.



Comments
0 Comments

0 komentar: