Subscribe:

Sunday, June 9, 2013

Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Sinar Matahari
Manfaat Sinar Matahari - Hayo,,siapa yang malas bangun pagi nih? Ayo sob mulai sekarang ubah kebiasaan malas bangun pagi karena selain menjadi kebiasaan yang kurang baik, bangun pagi dan mendapatkan sinar matahari yang cukup sangat menyehatkan badan lho!

Matahari memang merupakan sumber kehidupan untuk semua makhluk yang ada di bumi ini, tidak terkecuali bagi kita sebagai manusia. Banyak sekali contoh aktivitas manusia yang membutuhkan sinar matahari seperti menjemur pakaian, menjemur ikan asin, kerupuk, padi, dan masih banyak sekali kehidupan manusia yang membutuhkan sinar matahari. Seandainya disebutkan satu-satu bakal bikin pusing juga kali ya? Hehe 

Kembali ke pembahasan awal yakni manfaat sinar matahari bagi kesehatan manusia sangat banyak sekali. Mulai kita bangun pagi sambil menghirup udara yang segar ternyata bisa menjadikan tubuh kita menjadi hangat dan kulit menjadi cerah dan sehat.

Sinar matahari yang baik bagi tubuh ialah di waktu pagi dan sore kisaran antara jam 7-9 pagi dan 3-5 sore. Di waktu-waktu inilah manfaat sinar matahari sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Mungkin ada sebagian dari kita, saudara kita, atau teman-teman kita yang kehidupannya jarang terkena sinar matahari misalnya karena tuntutan kerja. Berangkat di pagi hari ketika matahari belum terbit, lalu beraktivitas di dalam ruang tertutup yang tidak terkena sinar matahari dan pulang ketika matahari sudah tenggelam. Sungguh aktivitas yang harus dilalui tanpa sinar matahari. Jika hal ini terjadi maka bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh karena seyogyanya tubuh kita memang sangat membutuhkan sinar matahari. 

Lalu apa manfaat sinar matahari bagi kesehatan? Berikut penjelasaanya
  1. Vitamin D
    Vitamin D merupakan vitamin yang dikenal sebagai vitamin yang baik bagi tulang. Berjemur kurang lebih 10-15 menit sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D bagi tubuh bahkan 5 menit terkena sinar matahari sudah bisa menyumbang vitamin D sebanyak 400 unit.
  2. Serotonin
    Sinar matahari mampu merangsang tubuh untuk memproduksi hormon serotonin yakni hormon yang dikenal untuk meningkatkan rasa mood atau perasaan bahagia. Semakin banyak hormon serotonin dihasilkan oleh tubuh, maka suasana hati juga akan semakin baik.
  3. Memperbaiki tulang
    Semakin banyak sinar matahari yang didapat maka semakin banyak pula vitamin D yang akan didapat, yang mana vitamin D tersebut akan dimanfaatkan oleh tubuh untuk penyerapan kalsium yang baik untuk tulang.
  4. Melawan depresi
    Ada banyak faktor yang mempengaruhi pelepasan zat endorphin di dalam otak, salah satunya ialah sinar matahari. Zat endorphin merupakan zat anti depresan alami yang berfungsi untuk melawan depresi pada tubuh.  
  5. Memperlancar sirkulasi darah
    Tubuh yang terkena sinar matahari mampu menjadikan pembuluh darah membawa oksigen ke sel-sel tubuh menjadi lancar, sehingga menjadikan jantung sehat dan tekanan darah menjadi normal.
  6. Bermanfaat untuk kulit
    Kulit yang kurang mendapat sinar matahari biasanya akan pucat dan tidak sehat. Dengan kita berjemur atau terkena sinar matahari selain menjadi kulit menjadi sehat dan tampak cantik, sinar matahari juga bisa membantu proses penyembuhan penyakit kulit seperti jerawat atau eksim.
  7. Menguatkan sistem imun tubuh
    Ketika tubuh terkena sinar matahari maka tubuh akan menghasilkan banyak sel darah putih yang mampu menangkal berbagai bakteri yang masuk dalam tubuh.
  8. Meningkatkan kualitas tidur
    Hormon yang dihasilkan ketika tubuh terkena sinar matahari salah satunya ialah hormon melatonin. Hormon ini diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang.
Cara mendapat sinar matahari tidak harus terkena paparannya secara langsung, Anda bisa mensiasati dengan membuka jendela atau pintu ruangan sehingga sirkulasi udara menjadi baik. 

Demikian artikel tentang manfaat sinar matahari bagi kesehatan tubuh semoga bermanfaat!

Anda juga bisa membaca artikel yang lain yang tidak kalah menarik. Manfaat Berjalan Kaki atau Tips Tulang Kuat.

Comments
1 Comments

1 komentar:

Krisna.dwi said...

Nice info.
Tapi saya menemukan hal yang sedikit rancu.
Sinar matahari tidak akan memberi kita vitamin D. Tapi sinar matahari dapat mengubah provitamin D di tubuh kita menjadi vitamin D.
Saya rasa seperti itu