Subscribe:

Wednesday, June 5, 2013

Tips Anak Sehat dan Cerdas

Tips Anak Sehat dan Cerdas
Tips Anak Sehat dan Cerdas - Anak adalah suatu anugerah yang telah Tuhan berikan kepada kita sehingga kita mempunyai tanggung jawab untuk menjadikan anak tersebut sebagai anak yang fitrah atau suci sebagaimana awal mereka lahir dalam keadaan suci. Atau mungkin yang popular di telinga kita adalah “anak adalah lembaran putih yang siap diisi dengan berbagai tulisan, gambar, atau mungkin dicoret-coret”. 

Maka dari itu, kita sebagai orang tua harus benar-benar memperhatikan pendidikan sang anak agar bisa menjadi fitrah, cerdas, dan pintar. 

Tempat pendidikan seperti sekolah atau tempat pendidikan lainnya bukanlah satu-satunya faktor yang bisa menjadikan anak menjadi pintar dan cerdas. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi terhadap kecerdasan si anak baik di sekolah, rumah, atau pun di lingkungan sekitar. 

Kita sebagai orang tua bisa melakukan kegiatan untuk memaksimalkan kepintaran dan kecerdasan anak, dan itu merupakan suatu kewajiban sebagai orang tua. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan kecerdasan si buah hati tercinta? Berikut  tips anak sehat dan cerdas
  1. ASI eksklusifPemberian ASI  Eksklusif biasanya sampai si bayi berumur 6-9 bulan. Nah, ketika Anda memiliki si buah hati yang masih di bawah umur 6 bulan, AndA masih memiliki peluang untuk meningkatkan kecerdasan si anak. Hal ini pernah dibuktikan di Denmark, bahwa bayi yang mendapat ASI eksklusif hingga 6-9 bulan memiliki pertumbuhan yang signifikan dan menjadikan si buah hati menjadi lebih cerdas jika dibandingkan dengan anak yang mendapatkan ASI kurang dari 6 bulan.
  2. Gizi yang cukupAnak yang masih dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan sekali gizi-gizi penting untuk menunjang pertumbuhan badan dan juga otak. Maka dari itu, ajarkan kepada anak-anak agar menyukai makanan-makanan yang bergizi seperti buah, sayur-sayuran, daging, ikan yang banyak kandungan omega 3-nya seperti tuna, salmon, cod dan makanan-makanan lain yang banyak kandungan nutrisi penting bagi tubuh dan otak. 

    Bila anak menginginkan makanan junk food, Anda tetap boleh memberikannya tapi hanya seperlunya saja jangan berlebihan, sebab ditakutkan anak akan lebih jatuh cinta dan memilih makanan junk food ketimbang makanan sehat dan segar yang akan berdampak jelek bagi kesehatan si buah hati. 
  3. Biasakan untuk sarapanKebiasaan ini masih sering diabaikan tidak terkecuali kita sebagai orang yang sudah dewasa terkadang masih melewatkan kebiasaan sarapan ini, termasuk saya sendiri kadang masih lupa untuk sarapan. Hehe 

    Tahukah Anda, bahwa kebiasaan meninggalkan sarapan ini sangat berpengaruh juga kepada anak-anak dalam meningkatkan konsentrasi ketika belajar. Anak yang tidak sarapan di pagi hari biasanya akan cepat lemas dan akibatnya susah menerima pelajaran yang disampaikan kepadanya. 

    Maka dari itu, sebagai orang tua tetap harus memperhatikan anak untuk membuatkan sarapan di pagi hari. Seandainya si anak tidak bisa sarapan di rumah, maka bawakan bekal untuk dibawa ke sekolah agar mereka bisa sarapan saat perjalanan atau di sekolah. Sebab sarapan bisa meningkatkan memori serta konsentrasi otak si anak.
  4. Budayakan untuk membacaKegiatan membaca merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kita semua baik orang dewasa atau pun anak-anak. Sebab dengan membaca akan membuka wawasan kita tentang segala hal yang belum kita ketahui dari segala penjuru dunia. 

    Maka dari itu, berikan pengajaran kepada anak untuk gemar membaca dari buku apa saja dan dari sumber mana saja yang penting isinya adalah hal-hal yang positif.

    Pada saat membaca sebenarnya ada sekitar 8 aspek yang bekerja dan bisa menjadi faktor untuk meningkatkan kecerdasan otak, yaitu 
    a. Aspek sensori
    b. Aspek persepsi
    c. Aspek sekuensial
    d. Aspek pengalaman
    e. Aspek berpikir
    f. Aspek belajar
    g. Aspek asosiasi
    h. Aspek efeksi
    Dengan anak memiliki wawasan yang luas si anak juga akan mudah bergaul dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar
  5. Kenalkan dengan olahragaOlahraga selain membuat badan menjadi bugar, ternyata olahraga juga berperan dalam mempengaruhi prestasi belajar seseorang. Hal tersebut disebabkan karena ketika berolahraga aliran darah dan O2 menuju ke otak menjadi meningkat.
Demikian artikel tentang Tips Anak Sehat dan Cerdas semoga bermanfaat! Jika Anda memiliki tips-tips yang lain silahkan share di sini. Terima kasih!

Anda juga bisa membaca artikel yang lain yang tidak kalah menarik. Kesalahan dalam mendidik anak balita atau Tips melawan stress apad anak.


Comments
0 Comments

0 komentar: