Subscribe:

Tuesday, April 9, 2013

Manfaat Kacang Tanah bagi Kesehatan


Manfaat Kacang Tanah
Manfaat Kacang Tanah - "Kacang tanah"! pasti selalu diidentikkan dengan jerawat? Mengapa bisa ya? Banyak sekali mitos yang mengatakan bahwa jika banyak makan makanan yang berbahan dasar kacang tanah seperti kacang kulit, kacang bawang, dan lainnya bisa menyebabkan timbulnya jerawat. 

Apa benar mitos tersebut? Untuk lebih jelas dan untuk menghilangkan keragu-raguan tentang mitos tersebut mari kita bahas lebih detail tentang kacang tanah ini.
Kacang tanah memiliki nama ilmiah Arachis hypogaea L dan merupakan tanaman jenis polong-polongan dari keluarga Fabaceae.

Kacang tanah merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan di Negara Indonesia dan merupakan kacang penting nomor dua setelah kacang kedelai.

Di berbagai daerah di Indonesia kacang tanah memiliki nama yang lumayan banyak misalnya kacang jebrol, kacang tuban, kacang bogor, kacang una, kacang kole, dan lain-lain.

Kacang tanah ternyata memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan misalnya lemak, protein, zat besi, kalsium, vitamin A, E, B kompleks, K, fosfor, kolin, dan lesitin.

Sebagai informasi juga ternyata kacang tanah juga memiliki kandungan gizi yang bisa menjaga ketahanan tubuh untuk mencegah serangan dari berbagai penyakit. Konsumsi kacang tanah sebanyak 1 ons 5 kali dalam seminggu bisa mencegah resiko penyakit jantung.

Berikut beberapa manfaat kacang tanah bagi kesehatan
  1. Meningkatkan kesuburan
    Kacang tanah banyak mengandung asam folat. Berdasarkan suatu penelitian  bahwa seorang  wanita dalam masa awal kehamilan yang memenuhi  asupan  400 mikro gram asam folat dalam sehari bisa mengurangi resiko bayi lahir cacat hingga 70%.
  2. Mencegah batu empedu
    Mungkin ini sedikit mengejutkan, namun penelitian tersebut telah dilakukan sejak puluhan tahun yang lalu bahwa mengkonsumsi kacang sebanyak 1 ons, baik masih dalam bentuk kacang atau dibuat selai bisa menurunkan resiko terjadinya batu empedu hingga 25%.
  3. Membantu melawan depresi
    Kacang tanah termasuk sumber triptofan, yakni  asam amino yang berperan dalam produksi serotonin. Serotonin termasuk bahan kimia dalam otak yang membantu dalam regulasi suasana hati. Seseorang ketika mengalami depresi biasanya jumlah serotonin bisa berkurang, sehingga dengan bantuan triptofan bisa meningkatkan jumlah serotonin yang ada dalam darah.
  4. Mengontrol kolesterol
    Ternyata kacang tanah juga bisa mengontrol kolesterol dalam darah. Hal ini disebabkan karena kandungan tembaga dalam kacang tanah berperan dalam memerangi kolesterol  jahat dan meningkatkan kolesterol baik.
  5. Mengurangi resiko terkena serangan jantung
    Beberapa penelitian menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi kacang-kacangan dengan teratur dapat menurunkan resiko terjadinya serangan jantung. 
  6. Mencegah tumbuhnya sel kanker
    Kandungan  fitosterol memang hampir ada dalam setiap jenis kacang-kacanga termasuk juga dalam kacang tanah. Fitosterol bukan hanya berperan dalam memerangi penyakit jantung dan kolesterol saja melainkan juga menghambat pertumbuhan sel kanker.
  7. Menurunkan  berat badan
    Ternyata orang yang sering mengkonsumsi kacang tanah kurang lebih 2 kali dalam seminggu sangat sedikit kemungkinan untuk terkena obesitas.
Meskipun banyak sekali manfaat kacang tanah, namun bagi orang yang menderita kanker payudara dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi kacang tanah.

Anda juga bisa membaca artikel lain yang tidak kalah menarik Khasiat Ubi Jalar Ungu atau Manfaat Kulit Pisang bagi Kesehatan.


Comments
0 Comments

0 komentar: